Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Simulasi Digital SMK

Simulasi digital merupakan salah satu pelajaran baru di sekolah menengah kejuruan, dan mulai berlaku tahun pelajaran 2014/2015 ini. Simulasi digital SMK mulai di berikan kepada siswa SMK pada kurikulum 2013 dan beberapa kelompok menganggap Simulasi digital ini sebagai pengganti pelajaran KKPI yang dihilangkan di kurikulum 2013. Tetapi dengan melihat materi yang ada di buku Simulasi Digital dari pemerintah, maka pembelajaran simulais digital berbeda dengan KKPI dan lebih menitik beratkan pada pembelajaran grafis.


Simulasi Visual adalah 3D visualization atau video animasi 3D yang mewujudkan gagasan secara visual untuk memecahkan suatu masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dalam mengomunikasikan gagasan diperlukan kemampuan memvisualkan materi informasi agar menjadi sarana komunikasi yang lebih mudah tersampaikan dan dicerna.

Proses pembuatan animasi 3D terdiri atas proses: ide gambar, pemodelan, texture, menganimasikan dan rendering. Pemodelan 3D memiliki proses pembuatan yang panjang akan tetapi model dapat disimpan, dilihat dari berbagai sudutpandang dan proses animasinya menjadi mudah. Sementara itu pada animasi 2D, objek/karakter dapat dibuat dalam waktu singkat namun justru menganimasikannya memerlukan proses yang panjang karena harus dilakukan berulang-ulang. Untuk kepentingan pembelajaran bagi semua siswa yang tersebar pada berbagai bidang keahlian pada SMK, dipilih animasi 3D sebagai materi pembelajaran kompetensi Simulasi Visual.

Software pengolah animasi 3D yang dapat digunakan membuat simulasi visual tersedia beragam, antara lain 3DsMax, Cinema 4D, Maya, Blender.  Simulasi Visual menggunakan software Blender karena merupakan freeware dengan file instalasi yang tidak besar. Blender dapat dijalankan menggunakan Operating System Linux, Windows dan Mac.

Sebagai 3D visualization, Simulasi Visual hanya memvisualkan objek benda yang akan dikomunikasikan. Hasil visualisasi dapat berdiri sendiri sebagai penjelas atau ilustrasi animasi dari bagian Buku Digital atau pendukung Presentasi Video pada bagian yang tidak dapat dikasatmatakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts